Beberapa pesan error pada email yang sering Anda jumpai

Beberapa pesan error pada email yang sering Anda jumpai diantaranya :

Mailbox Penuh

Sering dijumpai tidak dapat menerima email karena kuota mailbox sudah penuh. Penyedia layanan email pada umumnya membatasi kuota maibox yang bisa Anda pergunakan tergantung budget yang Anda punya. Error ini terjadi karena tidak ada lagi ruang penyimpanan pada mailbox untuk menerima email yang baru.

Berikut salah satu contoh error yang muncul jika kuota mailbox sudah penuh :

user@example.com: User is over the quota. You can try again later.
user@example.com: host in7.example.com said:
552 user@example.com… Mailbox is full
Mailbox limit exceeded while appending message
550 user@example.com… Can’t create output
user@example.com: host mail9.example.com said:
552 Requested mail action aborted: exceeded storage allocation

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menghapus email lama yang ada di mailbox Anda. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan menghubungi provider penyedia layanan email Anda dan meminta penambahan kuota mailbox. Di layanan email nusa.id Anda bisa mendapatkan mailbox hingga 30GB.

Message exceeds size limit

Error ini muncul karena ukuran email yang Anda kirim melebihi ketentuan yang telah ditetapkan oleh penyedia jasa layanan email. Besarnya ukuran email yang Anda kirim dapat dihitung dari header email, body maupun lampiran file, atau bisa juga dikarenakan jumlah email yang anda kirim melebihi ketentuan yang telah ditetapkan penyedia layanan email. Untuk kasus ini biasanya penyedia layanan email membatasi jumlah email yang bisa Anda kirim per satuan waktu, umumnya dihitung per jam.

user1@example.com: host host.example.com said:
552 Message size exceeds fixed maximum message size (5000000)
user@example.com: host mx2.mail.example.com said:
552 message size exceeds maximum message size
user@example.com: host mx01.example.com said:
552 Message size exceeds fixed maximum message size: 5242880 bytes

Improper forwarding causing mail loop

Secara umum, kesalahan “terlalu banyak hop” menunjukkan adanya loop pada email. misalnya pengguna memiliki dua akun, meneruskan satu sama lain, yang menciptakan perulangan tanpa henti.

554 Too many hops 27 (25 max): from user@firstdomain.com
via mail.firstdomain.com, to sameuser@seconddomain.com

Permanent Problems

Salah satu pesan error email yang sering terjadi adalah “User Unknown”. Artinya alamat email yang akan Anda kirimi email tidak ada atau terhapus.

user@example.com: host mail7.example.com said:
550 Requested action not taken: mailbox unavailable
user@example.com: host mail.example.com said:
550 5.1.1 user@example.com is not a valid mailbox
user@example.com: Sorry, no mailbox here by that name. (#5.1.1)
user@example.com: host example.com said:
550 Invalid recipient user@example.com
The message that you sent was undeliverable to the following:
user@example.com (user not found)

Domain Error Messages

Jika terjadi error seperti ini, silahkan hubungi penyedia layanan email Anda. Bisa saja masalah pada domain yang Anda gunakan.

Connection Timed Out / Connection Refused

user@172.16.22.213: connect to 172.16.22.213: Connection timed out

Masalah ini bisa saja muncul karena mail server tujuan Anda sedang menangani banyak email yang masuk, sehingga server menolak beberapa email agar tidak terjadi overload pada server. Silahkan tunggu beberapa saat dan kirim email Anda kembali.

Domain not found

sheabu@domain.com: Name service error for domain domain.com:
Host not found, try again

Pesan error ini menunjukkan bahwa domain email tujuan Anda tidak ada. Anda dapat memperhatikan alamat email tujuan Anda, pastikan bahwa tida ada kesalahan pengetikan.

Relay Access Denied

receipient@example.com host wormwood.example.com said:
554 receipient@example.com: Recipient Address rejected:
Relay access denied

Error ini mengindikasikan server email tujuan Anda menolak beberapa domain email salah satunya domain email Anda.

credits : https://www.penpublishing.com/support/emailerrors/understandingemailerrors