#Mulai Dari 69K G Suite Basic

8 Contoh Penggunaan Google Form Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Mengumpulkan data adalah pekerjaan yang melelahkan, sebab Anda mesti membuat formulir, mendistribusikan, mengumpulkannya kembali, lalu merekap satu per satu untuk selanjutnya dibuat laporan. Pertanyaannya, bagaimana jika ternyata jumlah responden mencapai ratusan atau bahkan ribuan orang ?

Mengikuti proses di atas secara manual tentu bukan solusi yang bijak. Namun, Anda tidak perlu pusing karena sekarang sudah ada Google Form. Tool andalan G Suite Basic ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan serta mengolah data dengan sangat mudah dan efisien.


Lewat perangkat ini, semua langkah pengumpulan data pun bisa dilakukan secara online. Nah, kira-kira apa saja sih contoh penggunaan Google Form dalam kehidupan sehari-hari?

  1. Membuat Survey
  2. Untuk mendapat customer feedback terkait produk atau layanannya, perusahaan biasanya akan melakukan survei pada banyak responden. Sayangnya, survei manual cenderung berbiaya mahal dan dianggap kurang mewakili konsumen keseluruhan.

    Solusi untuk mendapat data yang lebih akurat adalah menyebarkan survei secara online dengan Google Form. Tool ini memungkinkan responden untuk mengakses dan mengisinya tanpa batasan geografis.

    Tentu tidak hanya perusahaan, siapa pun bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat survei, misalnya organisasi, instansi, pemilik toko online, maupun individu.

  3. Mengumpulkan Data Siswa / Karyawan
  4. Anda butuh data lengkap karyawan atau murid secepatnya, padahal jumlah mereka ada ribuan? Jangan khawatir, serahkan saja pada Google Form! Anda hanya perlu membuat formulir berisi kolom-kolom informasi yang wajib diisi, misalnya nama, alamat, tempat tinggal, nomor telepon, dsb.

    Jika sudah, sebarkan link formulir kepada karyawan/murid dan minta mereka mengisinya sesegera mungkin. Tidak sampai sehari, seluruh data sudah ada di tangan Anda. Gampang, bukan ?

  5. Kuesioner
  6. Fungsi lain dari Google Form adalah membuat kuesioner. Itulah mengapa tools G Suite Basic ini begitu populer di kalangan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Format kuesionernya pun bisa didesain sesuai dengan kebutuhan, misalnya berupa pertanyaan yang harus dijawab, pilihan ganda, benar atau salah, dan sebagainya.

  7. Kuis Dan Ujian Online
  8. Dosen biasanya menggunakan Google Form untuk membuat kuis atau ujian online untuk mahasiswanya. Selain praktis, cara ini juga lebih ramah lingkungan karena tidak perlu menggunakan banyak kertas. Anda hanya tinggal menyiapkan pertanyaan, selanjutnya hasil tabulasi akan otomatis muncul dengan rapi. Nilai untuk mahasiswa pun bisa keluar lebih cepat.

  9. Aplikasi Lamaran Kerja
  10. Sekarang bukan zamannya lagi rekrutmen dengan cara meminta pelamar mengirimkan berkas ke kantor. Tidak praktis dan buang-buang kertas! Alternatifnya, Anda bisa menggunakan Google Form untuk mengumpulkan data pelamar.

    Proses rekrutmen online semacam ini sudah diterapkan banyak perusahaan, kantor pemerintahan, dan NGO di dalam maupun luar negeri. Perekrut pun bisa lebih cepat menemukan kandidat yang qualified dan sesuai dengan job description.

  11. Membuat Undangan RSVP
  12. RSVP pada undangan sangat diperlukan untuk memastikan orang yang diundang benar-benar bisa hadir ke sebuah acara. Dengan begitu, panitia pun bisa lebih mudah mengatur jumlah kursi atau konsumsi yang harus dipesan sesuai jumlah hadirin.

    Nah, Google Form menyediakan fitur serupa RSVP yang bisa Anda gunakan untuk mendaftar siapa saja tamu undangan yang bersedia datang tanpa harus konfirmasi ketersediaan mereka satu-satu.

  13. Membuat Jadwal Pertemuan
  14. Mengatur jadwal pertemuan gampang-gampang susah, tapi tenang saja karena ada Google Form yang siap jadi solusi. Anda bisa memanfaatkan add-on berupa Form Limiter. Fitur ini bekerja dengan menghilangkan/menyembunyikan opsi tertentu jika sudah dipilih.

    Sebagai contoh, Anda menyediakan jadwal pukul: 08.00, 09.00, 10.00, 11.00 dan 13.00 untuk lima orang tamu undangan. Nah, saat ada tamu yang memilih datang pukul 09.00, maka opsi tersebut tidak lagi tersedia untuk tamu lainnya. Dengan begitu, jadwal pun tidak akan bentrok.

  15. Daily Check-in
  16. Yup! Google Form bisa jadi media yang bagus untuk “mengecek” kondisi murid maupun karyawan. Inilah yang dilakukan Mari Venturino. Guru sekolah menengah ini secara rutin memeriksa apakah muridnya baik-baik saja atau justru sebaliknya lewat beberapa pertanyaan sederhana seperti:

    - Bagaimana tidurmu semalam ? Nyenyak Tidak ?

    - Bagaimana sarapan atau makan siangmu hari ini ?

    - Bagaimana perasaanmu ? Dsb.

    Murid hanya perlu menjawab pertanyaan di atas dengan angka: 1, 2, 3, 4, atau 5 yang menggambarkan kondisi mereka—misal skala 1 = sangat buruk dan skala 5 = sangat baik. Nanti secara otomatis Google Form akan meng-generate semua jawaban dan menampilkan hasilnya.

Nah, dari situlah Mari tahu apa yang sedang dirasakan muridnya. Unik sekali, kan? Di tengah ramainya isu kesehatan mental, ternyata cara-cara sederhana semacam ini bisa sangat membantu.

Itulah beberapa penerapan Google Form dalam kehidupan sehari-hari. Ingin mendapat lebih banyak manfaat dari G Suite Basic subscription? Cek biaya langganannya hanya di nusa.id. Kami merupakan partner resmi Google Indonesia yang berlokasi di Jakarta.

Bersama tim profesional, nusa.id cloud telah membantu lebih dari 1.500 pengguna aktif di seluruh penjuru Tanah Air. Klik di sini untuk mendapatkan harga G Suite terbaik!