7 Fungsi Lain G Drive yang Tak Banyak Orang Tahu. Cek, yuk!

Anda tentu sudah tidak asing dengan platform cloud Google Drive, bukan? Layanan penyimpanan file dari Google ini pertama kali diluncurkan tahun 2012, dengan statistik pengguna aktif mencapai 800 juta orang per bulan dan lebih dari 3 miliar dokumen ter-upload setiap harinya.

Dibandingkan storage tools lain, G Suite Google Drive memang memberikan banyak kelebihan. Selain aman, file tersimpan juga bisa diakses dengan mudah—di mana saja dan kapan saja.

Eits, tak sekadar menyimpan dokumen. Google Drive ternyata punya banyak fitur rahasia yang sangat bermanfaat untuk menunjang produktivitas Anda, lho. Penasaran?

  1. Scan Dokumen
  2. Sering menemui kendala saat harus memindai dokumen tertentu? Serahkan saja pada G Drive! Caranya sangat simpel. Buka aplikasi Google Drive di ponsel atau komputer, lalu klik tanda plus (+) di pojok kanan bawah. Pilih “Scan”. File yang di-scan akan otomatis tersimpan dalam format PDF. Bagaimana, mudah dan praktis, kan? Anda pun bisa memindai dokumen apa pun tanpa repot menggunakan alat ini itu.

  3. Mengedit PDF


  4. G Suite Google Drive ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengedit file berformat PDF, lho. Caranya pun super gampang. Buka Drive dari website, lalu klik kanan di bagian nama dokumen yang diinginkan. Pilih opsi “Open With”, lalu klik “Google Docs”.

    Voila! Tak butuh waktu lama, file PDF Anda akan terkonversi secara otomatis ke dalam bentuk plain text di lembar kerja Google Docs yang bisa diedit sesuka hati.

  5. Menerjemahkan Dokumen


  6. Punya banyak tugas menerjemahkan yang harus selesai sesegera mungkin? Tenang! Ada Google Drive yang siap membantu. Fitur ini akan sangat memudahkan Anda dalam menyelesaikan terjemahan tanpa harus bolak-balik copy paste ke Google Translate.

    Upload dokumen ke Google Drive, lalu buka dalam format Google Docs. Cari opsi Tools kemudian Translate Document. Selanjutnya akan muncul daftar bahasa target. Pilih mana yang akan Anda gunakan, misalnya English. Selesai dan Anda akan mendapat duplikat dokumen yang sudah diterjemahkan.

  7. Menyimpan Konten Langsung dari Web
  8. Menemukan banyak konten menarik saat sedang menjelajah website dan ingin menyimpannya agar bisa dibaca lagi sewaktu-waktu? Lupakan screenshot dan cara repot lainnya, sebab sekarang sudah ada fitur canggih dari G Suite Google Drive yang siap turun tangan.

    Ya, tools ekstensi bernama Save to Google Drive ini memungkinkan Anda menyimpan bermacam-macam file dengan cara yang sangat mudah—dari website langsung ke folder Drive. Dokumen yang disimpan bisa berupa gambar, audio, video, teks, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  9. File Sharing dengan Durasi Tertentu
  10. Jika menggunakan layanan G Suite Google Drive berbayar, Anda bisa menggunakan fitur tambahan berupa file sharing kepada pengguna tertentu dalam waktu terbatas. Caranya, klik kanan pada dokumen, lalu pilih “Share”.

    Selanjutnya masukkan email penerima, lalu klik “Send”. Jangan lupa klik menu “Advanced”, lalu pilih ikon timer untuk mengatur waktu dan tanggal. Klik “Save Changes”. Jika fitur ini diaktifkan, pengguna terdaftar hanya bisa mengakses dokumen dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Tentu masih banyak fitur lain yang bisa dinikmati saat Anda menggunakan G Suite Google Drive. Nah, jika Anda sedang mencari referensi reseller resmi G Suite di Indonesia yang menyediakan layanan unlimited G Drive, nusa.id cloud bisa jadi pilihan yang tepat.

nusa.id cloud merupakan perusahaan penyedia layanan internet yang sudah dipercaya lebih dari 3.000 pelanggan di seluruh Indonesia. Selain G Suite, kami juga menawarkan paket web hosting dan cloud server. Ada pertanyaan? Konsultan kami siap membantu 24/7!